PILKADES DESA BUNIAYU SELASA WAGE 23 JULI 2019

PILKADES DESA BUNIAYU SELASA WAGE 23 JULI 2019

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2019 Kabupaten Banyumas dilaksanakan pada hari Selasa Wage 23 Juli 2019 diikuti oleh 257 Desa yang ada di Kabupaten Banyumas, sementara di Kecamatan Tambak diikuti oleh 10 (sepuluh) desa yang ada yaitu Desa Buniayu, Pesantren, Prembun, Karangpucung, Karangpetir, Gebangsari, Plangkapan, Gumelar Kidul, Kamulyan dan Purwodadi. Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Buniayu diikuti oleh 4 (empat) calon Kepala Desa, yaitu Nomor urut : 1. Ibnu Istadi, 2. H. Satori, 3. H. Masdar dan 4. Supono. Dari ke empat Calon Kepala Desa yang sudah mendaftar, yang ber KTP Buniayu 2 (dua) orang yaitu No urut 1 dan 2, sementara 2 (dua) orang lainnya ber KTP luar Desa Buniayu. Sebelumnya Kepala Desa Buniayu untuk periode tahun 2013-2019 di jabat oleh Bapak H. Satori yang sudah berakhir masa jabatannya pada tanggal 19 Juni tahun 2019.

Panitia Pemilihan Kepala Desa Buniayu Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas menyelenggarakan Rapat Pemilihan Kepala Desa Buniayu pada hari Selasa Wage, tanggal 23 Juli 2019 bertempat di Lapangan Gandusari Desa Buniayu. Rapat Pemilihan Kepala Desa Buniayu Kecamatan Tambak di hadiri oleh Camat Tambak, Danramil, Kapolsek, Panitia Pengawas, Panitia Pemilihan, masyarakat Desa Buniayu serta Calon Kepala Desa Buniayu Nomor Urut 1-4 yang masing-masing didampingi oleh keluarga.

Camat Tambak, Drs. Leonalto Adi Sasmita, M.Si menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat dan ucapan selamat kepada Kepala Desa terpilih “bahwa kegiatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di wilayah Kecamatan Tambak sudah selesai dan berjalan aman, lancar dan sukses tanpa halangan yang berarti".

Bapak K. Pitoyo selaku Ketua BPD Desa Buniayu Kecamatan Tambak juga menyampaikan "terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat Desa Buniayu untuk kegiatan pesta demokrasi 6 (enam) tahunan di Desa Buniayu baru saja selesai berjalan lancar, aman dan kondusif. Partisipasi masyarakat hampir 80 % secara antusias masyarakat datang menggunakan hak pilihnya sejak jam 07.00 WIB sampai dengan pukul 13.00 WIB. Bahkan sampai selesainya proses penghitungan suara pukul 14.30 WIB. masyarakat masih terlihat memadati Tempat Pemungutan Suara (TPS) mulai TPS 1-7 untuk menyaksikan proses penghitungan suara". Tegasnya.

“Pemungutan suara ditutup oleh Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa Buniayu Bapak Aman Noto Sumarto pukul 13.00 WIB. sesuai jadwal dan dilanjutkan dengan proses penghitungkan suara. Dari ke empat calon nampak masing-masing calon unggul di TPS tertentu. Di menit-menit awal susah ditebak siapa yang lebih unggul karena hampir seimbang di tiap TPS. Setelah perhitungan suara berjalan sekitar 60 menit nampak mulai terlihat perbedaan perolehan suara”. Ujarnya.

“Bapak H. Masdar nampak paling unggul dibandingkan dengan calon yang lain dengan perolehan 928 suara, disusul oleh Bapak H. satori memperoleh 456 suara, Bapak Ibnu Istadi memperoleh 407 suara dan 353 suara untuk Bapak Supono setelah direkap oleh panitia dari ke empat Calon.  Ada pemandangan yg menarik ternyata ke empat calon memiliki jiwa besar, terbukti mereka tidak nampak shock/kecewa yang berlebihan, Bapak Ibnu Istadi Calon Nomor Urut 1 mengucapkan selamat ke Bapak H. Masdar di ikuti oleh Calon Nomor urut 4 dan 2. Bahkan Mereka terlihat saling berpelukan. Kami Selaku ketua BPD saya sangat memberikan apresiasi kepada ke empat calon, karena jiwa besar mereka sehingga pemilihan Kepala Desa Buniayu ini bisa berjalan lancar aman dan damai, disamping itu tentu juga tidak terlepas dari kerja keras panitia Pengawas dan panitia pemilihan”. Jelasnya.

Untuk pemilih yang tidak bisa hadir secara langsung ke TPS karena keterbatasan fisik seperti lansia/jompo, sakit keras, dll. Panitia menyediakan Tempat Pemungutan Khusus (TPS) dan sudah dilaksanakan dengan baik sejumlah 34 pemilih tersebar di beberapa RT di wilayah Desa Buniayu, disamping itu juga Panitia menyediakan 2 (dua) armada untuk sarana transportasi penjemputan para Pemilih demi lancarnya proses Pilkades di Desa Buniayu.

Bapak Aman Noto Sumarto selaku Ketua Panitia Pemilihan menyampaikan saat ditemui “Kami atas nama Panitia sudah berusaha secara maksimal mulai dari pembentukan sampai tahapan terakhir dan Alhamdulillah sesuai dengan tahapan dalam Perbup maupun Tata Tertib Pilkades Desa Buniayu dan semua ini berkat dukungan dan partisipasi dari seluruh elemen yang ada di BPD, Panitia Pengawas, Panitia Pemilihan maupun dari Pemerintah Desa, Kecamatan juga Polsek dan Koramil Tambak”. (Buniayu, 20/09/2019 By Imam)

Related Posts

Komentar